akuntansi

October 15, 2010 at 11:21 am (Uncategorized)

I. Daftar Isi

II. Kata Pengantar

A. Pengertian dan Definisi Akuntansi

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.

B. Para Pemakai Intern dan Ekstern

Salah satu tujuan dari akuntansi yaitu sebagai informasi yang berguna bagi para pemakai untuk membantu dalam pengambilan suatu keputusan. para pemakai itu terdiri dari pihak intern dan pihak ekstern. Yang dimaksud dengan pihak intern yaitu pihak-pihak yang ada didalam perusahaan, sedangkan pihak ekstern yaitu pihak-pihak yang ada diluar perusahaan.

pihak intern meliputi :

1. Pemilik Perusahaan (owner)
yaitu orang yang mendirikan perusahaan dan memiliki saham terbesar dalam perusahaan tersebut. informasi akuntansi bagi pemilik perusahaan berguna untuk melihat perkembangan perusaan dan berapa keuntungan yang dihasilkan perusahaan tersebut selama periode berjalan.

2. Management
yaitu orang-orang yang mengelola perusahaan tersebut. informasi akuntansi bagi pihak manajemen berguna untuk menentukan langkah-langkah strategis untuk kemajuan perusahaan tersebut dan menentukan program untuk kedepannya.

3. Pemegang Saham
yaitu orang-orang yang menanamkan modal di perusahaan dalam bentuk saham. informasi akuntansi bagi para pemegang saham berguna untuk melihat maju mundurnya perusahaan tersebut, pemegang saham ini bisa menarik sahamnya sewaktu-waktu apabila perusahaan tersebut mundur atau pailit.

Selain pihak intern ada juga pihak ekstern, yaitu :

1. Pemerintah
pemerintah dimana suatu perusahaan berada sangat berkepentingan terhadap laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan. informasi akuntasi bagi pemerintah berguna dalam hubungan :

a) penentuan besarnya pajak yang menjadi tanggungan perusahaan
b) pengumpulan data statistik pada dinas perindustrian

2. Lembaga keuangan bank
informasi akuntansi bagi bank berguna untuk menentukan kebijakan kredit untuk perusahaan. Antara Bank dan Perusahaan sebelumnya sudah terjalin kerjasama, pihak bank bisa saja memutuskan bantuan kredit atau menguranginya apabila perusahaan tidak membayar kredit sesuai kesepakatan.

3. Kreditur
yaitu orang atau badan yang memberikan pinjaman kepada perusahaan dalam bentuk uang atau barang. kreditur perlu mengetahui informasi keadaan keuangan disuatu perusahaan yang terkait.

4. Investor
yaitu pihak yang menanamkan modal untuk perusahaan tersebut. informasi akuntansi berguna untuk mengetahui hasil investasi yang maksimal dalam suatu perusahaan.

Sebenarnya masih banyak pihak-pihak ekstern yang ada diluar perusahaan, pada umumnya pihak ekstern ini tidak dapat secara bebas memperoleh informasi yang diinginkan, informasi yang mereka peroleh terbatas pada yang dilaporkan manajemen perusahaan. oleh karena banyaknya pihak-pihak diluar perusahaan yang berkepentingan terhadap perusahaan (dengan kepentingan yang berbeda pula) maka manajemen perusahaan mengeluarkan laporan yang sedapat mungkin memenuhi kepentingan mereka.

C. Pengertian Akuntansi dalam Bahasa Bisnis

Antara Akuntansi dan Bisnis terdapat hubungan yang tidak dapat dipisahkan, akuntansi bagi perusahaan adalah sebagai informasi bisnis.

Sebelumnya kita definisikan terlebih dahulu Akuntansi dan Bisnis

Akuntansi yaitu sistem informasi yang memberikan laporan kepada para pemakai atau pengambil keputusan mengenai aktivitas bisnis dari suatu kesatuan ekonomi atau perusahaan. Sedangkan,

Bisnis yaitu suatu organisasi yang mengkombinasikan sumber-sumber ekonomi seperti alam, tenaga kerja, modal, skill, iptek yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang dan jasa tujuannya untuk mencari laba atau keuntungan.

Adapun penjelasan akuntansi yang sering diartikan sebagai bahasa bisnis atau lebih tepat dikatakan bahasa pengambilan keputusan adalah suatu sistem informasi yang kegiatannya terdiri atas pengumpulan dan pengolahan data keuangan suatu unit organisasi dari pengkomunikasian yang hasilnya diberikan kepada berbagai pihak yang berkepentingan, untuk mengambil keputusan ekonomik. akuntansi dapat diartikan menjadi pengumpulan data (collecting) atau identifikasi, pengolahan (processing) atau menghitung (measurement), pencatatan (recording) dan analisa (analysis).

informasi akuntansi memegang peranan penting dalam kehidupan organisasi. keputusan-keputusan strategik bisnis dan organisasi sektor publik banyak menggunakan angka akuntansi (accounting numbers) sebagai bahan baku, sehingga tidak terlalu berlebihan apabila akuntasi dikatakan sebagai bahasa bisnis dan akuntabilitas.

III. Daftar Pustaka

http://organisasi.org/pengertian_dan_penjelasan_dasar_akuntansi_definisi_arti_fungsi_dan_kegunaan_belajar_ilmu_akutansi_accounting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: